Rangkaian peringatan hari Kemerdekaan 74 Tahun Republik Indonesia, Jumát s.d Minggu (16-18/08/19) sukses digelar oleh panitia PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) Desa Bendilwungu . Kepala Desa Bendilwungu Moh. Soleh memberikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat Desa yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan peringatan 74 tahun kemerdekaan RI juga kepada jajaran Panitia PHBN yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan. Selanjutnya Kades Bendilwungu berpesan agar masyarakatnya terus menjalin kebersamaan dan mengisi makna kemerdekaan “Kita jalin kebersamaan, dan menjadikan masyarakat Desa Bendilwungu  lebih baik dan unggul untuk Indonesia Maju” ungkapnya.

Adapun Rentetan Acara PHBN 2019 Desa Bendilwungu adalah:

  1. Malam Tirakatan
  2. Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
  3. Bazar Jajanan Tradisional
  4. Jalan Sehat dan Senam Masal

Sesuai jadwal kegiatan panitia bahwa Jumát, 16 Agustus 2019 pukul. 19.00 wib didakannya Malam Tirakatan di Balaidesa Bendilwungu. Adapun pesertanya terdiri dari Perangkat Desa, BPD, LPM, RT, RW dan Karangtaruna Desa Bendilwungu. Tahlil dan Doá bersama dilaksanakan pada malam tersebut dengan tujuan untuk mendoakan dan mengingat para pahlawan-pahlawan proklamasi yang telah gugur demi membela kemerdekaan Indonesia.

Paginya, untuk pertama kalinya Pemerintah Desa Bendilwungu mengadakan upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Desa Bendilwungu dengan menyertakan perwakilan lembaga-lembaga Desa, SDN, Karang Taruna, RT-RW, kelompok tani dan kelompok masyarakat Desa Bendilwungu. Peserta Upacara dari Desa Bendilwungu dengan semangat dan antusias berjalan long march menuju tempat upacara di lapangan desa Bendilwungu tempat dilangsungkanya upacara peringatan 17 Agustus . Yang unik peserta upacara  juga ada yang mengenakan pakaian tradisional dalam upacara tersebut.

Pada peringatan 74 tahun kemerdekaan RI di Desa Bendilwungu diisi dengan rangkaian kegiatan seperti Lomba Bazar Jajanan Tradisional selama 2 malam tanggal 17-18 Agutus 2019. Peserta Bazar terdiri dari 18 RT  6 RW Desa Bendilwungu, dimana para masyarakat sangat antusias untuk menghiasi stand bazarnya dengan tema-tema yg unik dan berwirausaha jajan yg khas jawa. Pemenang Lomba Stand Bazar yaitu Juara I RT 1 RW 2, Juara II RT 3 RW 6, Juara III RT 1 RW 1. Pemenang mendapatkan uang pembinaan, tropy dan piagam.

Tidak lupa yg tidak kalah meriah adalah Jalan Sehat Gratis. Kenapa Gratis? Karena kupon atau tiket diberikan cuma-cuma kepada seluruh warga masyarakat desa Bendiwungu. Hadiahnya pun luar biasa , hadiah utama ada Kambing, 3 sepedah, Mesin Cuci, dan ratusan dorprize. Acara Jalan sehat yang diselenggarakan Minggu, 18 Agustus 2019 pkl. 06.00 wib dibuka oleh Bapak Camat Sumbergempol yaitu Bapak Galih Nusantoro dan Didampingi oleh Kepala Desa Bendilwungu Moh. Soleh. Pukul 09.15 wib peserta sudah melalui Finish dan tibalah saatnya Senam Masal yang diikuti seluruh peserta jalan sehat. Begitu antusiasnya seluruh warga Bendilwungu mengikuti seluruh rangkaian acara PHBN 2019, semoga pada tahun yang akan datang bisa dilaksanakan kembali.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

Malam Tirakatan

Upacara Bendera

 

Bazar Tradisional

Jalan Sehat

 

SAMPAI KETEMU DI PHBN TAHUN 2020

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.